Program Kerja Divisi Litbang : Accounting Fair

ACCOUNTING FAIR
Haii guysss…apa kabar?, kembali lagi bersama HMAK (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) UPN Veteran Jawa Timur.
HMAK kali ini mau bahas program kerja tahunan atau bahasa kerennya disebut proker tahunan HMAK yaitu  “Accounting Fair”. Accounting Fair adalah salah satu program kerja tahunan dari Divisi Litbang, serangkaian acaranya untuk menambah ilmu pengetahuan dan mengasah kemampuan dalam bidang Akuntansi.
Tahun ini Accounting Fair mengusung  tema “ Let’s Act, Count and Think Like Accounting”, dan rangkaian acaranya yaitu Olimpiade Akuntansi dan Seminar Nasional, kita akan bahas satu persatu yaa.

Olimpiade Akuntansi
Olimpiade akuntansi dilaksanakan tanggal 17-19 Mei 2017. Olimpiade ini dikhususkan untuk seluruh mahasiswa akuntansi semester 2 dan 4. Olimpiade ini bukan untuk individu melainkan per tim yang terdiri dari 3 mahasiswa tentunya satu angkatan, dan sebelumya telah melakukan pendaftaran dan melengkapi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia.
Hari-H atau hari dilaksanakannya olimpiade, hari pertama  tanggal 17 Mei 2017, semua tim harus melakukan registrasi ulang sebelum masuk ruangan, setelah semua persyaratan registrasi ulang lengkap, tiap tim mendapatkan soal untuk melaksanakan babak penyisihan seperti pada gambar disamping.

Hari kedua, tanggal 18 Mei 2017, tim yang telah lolos babak penyisihan melanjutkan ke babak semifinal, pada babak ini tiap tim mengerjakan soal dengan cara estafef seperti yang terlihat pada gambar disamping.


Hari ketiga, 19 Mei 2017, bagi tim yang telah lolos pada babak semifinal akan melanjutkan ke babak final, dalam babak final ini tiap tim akan melakukan debat terbuka dengan topik yang telah ditentukan oleh panitia. Dalam babak final ini tim akan dinilai langsung oleh dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Selanjutnya setelah semua nilai dikumpulkan pada hari ketiga ini akan langsung diumumkan pemenangnya. Seperti pada gambar di bawah ini.
 







Dengan diumumkannya pemenang olimpiade, maka rangkaian acara Accounting Fair yang pertama telah usai maka akan dilanjutkan rangkaian acara yang kedua yaitu seminar nasional.

Seminar Akuntansi
Nah, sekarang kita membahas tentang rangkaian acara yang ke dua, yang bisa disebut juga final atau penutup dari acara Accounting Fair 2K17 yaitu Seminar Akuntansi. Seminar Akuntansi ini dilaksanakan tanggal 20 Mei 2017 di Hotel Tunjungan (Jalan Tunjungan No. 102-104 Surabaya). Berbeda dengan Olimpiade Akuntansi kemarin, kalau Seminar Akuntansi ini semua masyarakat umum boleh ikut loh, jadi ibaratnya sambil menyelam minum air, dapat ilmu yang bermanfaat + bertemu orang baru.
Tahun ini topik seminar yang diangkat adalah "Evaluasi Kebijakan Tax Amnesty Terhadap Perekonomian Indonesia", tahu sendiri kan kalau pada saat itu isu terhangat di masyarakat adalah masalah kebijakan Tax Amnesty oleh Pemerintah, sehingga diharapkan dalam seminar ini dapat sharing mengenai evaluasi dari kebijakan Tax Amnesty tersebut terhadap perekonomian Indonesia.
Ini dia suasana saat seminar
(Suasana saat Pembicara Menyampaikan Materi)
Eitss, dipertengahan acara juga ada waktu istirahatnya loh jadi gabakal bosenin deh acaranya ada coffe break dan berbagai hiburan.

(foto coffe break)
(foto hiburan)

Dalam suatu acara seminar pasti ada pembicara, motivator, dan moderator, kenalan dulu yuk! untuk tahun ini kami menggundang :
Pembicara :
1. Prof. Tjiptohadi Sawarjuwono, M. E., Ph. D., Ak., CPA., CA. (Ketua IAI Wilayah Jawa Timur)

2. Liem Sian Liong,SE,Ak,CA,MAk,CMA,CIBA,MCTNA
(Akuntan Publik Kantor Ventje Jansen,Royken&liem )

3. Maulana Nurushobry (Motivator)

Dan moderator :
•Dr. Gideon Setyo Budiwitjaksono, M. Si
[Ketua Dewan Penyunting Jurnal Berkala "Jurnal Akuntansi Keperilakuan Indonesia" (JAPI)]


(Suasana Penyerahan Plakat dan Piagam)
Itulah serangkaian acara Seminar Akuntansi tahun ini, terimakasih kepada para pembicara, motivator, moderator, undangan, peserta, serta tak lupa panitia yang sudah berpartisipasi dalam mensukseskan program kerja tahunan HMAK ini. Tetap #HMAKSolid ya guyysss!!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM KERJA DIVISI PENGKADERAN: PPSO

Profil Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMAK) UPN "Veteran" Jawa Timur